NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Apa itu IMEI ? Berikut Penjelasan dan Cara Cek IMEI pada Smartphone Android

Mendengar kata IMEI pasti yang terlintas dipikiran kita adalah ponsel, tapi Sebenarnya apa si IMEI ini? IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, Jadi seprti KTP yang merupakan nomor yang memberikan kita identitas, sepertihalnya ponsel IMEI itu seperti KTP untuk ponsel. IMEI sendiri merupakan sederet akngka yang terdiri dari 15 sampai 16 digit angka. Nomor IMEI merupakan deretan angka yang unik jadi setiap ponsel memiliki nomor yang berbeda.
Apa saja Fungsi IMEI ?
Selain sebagai identitas ponsel, IMEI sediri dapat digunakan untuk melacak keberadaan ponsel kita jika hilang, sebagai nomor untuk mengecek garansi, Selain itu juga dapat digunakan untuk identifikasi ponsel legal atau ilegal.
Cek IMEI

Bagaimana Cara Mengecek Nomor IMEI?
Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI pada Ponsel yaitu
1. Cek pada kardus ponsel
pada kemasan ponsel pasati terdapat nomor IMEI, sebab setiap produsen ponsel diwajibkan menyantumkan nomor IMEI pada kemasanya.
2. Cek eibelakang Baterai Ponsel
Untuk ponsel yang Baterainya bisa dilepas, biasanya akan ada nomor IMEI di balik Batrai tersebut.
3. Dengan Dial *#06#
untuk ponsel yang baterainya tidak bisa dilepas dan juga sudah tidak ada dusnya, gunakan cara menggunakan kode *#06# pada aplikasi telepon. nanti akan muncul nomor IMEI ponsel kamu.

Penting baki pemilik ponsel untuk mengetahui nomor IMEI, Sebab IMEI merupakan identitas ponsel maka pemerintahpun kabarnya akan mengawasi peredaran posnel yang akan masuk ke indonesia bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi untuk melacak danmemblokir ponsel ilegal. hal itu tentu membuat sedikit was-was bagi para pengguna ponsel yang membeli tidak di gerai resmi atau membeli ponsel bekas. untuk itu ada baiknya kita bisa mengetahui apakah IMEI ponsel kita terdafta atau tidak, jika tidak dipastikan ponsel kita termasuk ponsel ilegal. untuk mengecek legalitas ponsel kita bisa akses situs imei.kemenperin.go.id, pada situs ini kita cukup memasukan nomor IMEI ponsel kita.

Demikian sedikit penjelasan mengenai IMEI dan fungsinya, semoga Bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar