NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Berikut Beberapa Jenis dan Fungsi Sensor yang ada pada Smartphone Android.

Smartphone Merupakan gadget yang canggih selain fungsi utamanya sebagai alat komunikasi seperti telepon dan kirim pesan ( SMS ), ponsel pintar ini sekarang menjadi perangkat yang mempunyai banyak fungsi, seperti menonton filem/video, mengambil gambar, akses Internet dan juga sebagai media untuk bermain game. Namun apakah kamu tau ? Pada ponsel pintar sekarang ini telah dilengkapi dengan berbagai sensor yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Berikut ini beberpa fungsi sensor yang ada pada ponsel android :

  • Accelerometer
sensor ini sudah umum dibicarakan orang-orang,fungsi sensor ini unutk mengukur,mendeteksi, percepatan /perubahan akibat gravitasi. pad android sensor ini digunakan untuk mendeteksi rotasi layar ponsel, dan menggerakan arah ketika bemaingame.
  • Finger Print
Dari namanya sudah tidak asing lagi, fungsinya untuk merekam sidik jari pengguna, untuk tujuan identifikasi sidik jari. sebagai contoh ketika ponsel terkunci, kamu bisa membuka kunci degan menekan area sensor fingerprint. Pada area tersebut akan melakukan scaning untuk membaca sidik jari.
  • Gyroscope
Fungsinya hampir sama dengan Accelerometer, namun untuk sensor ini lebih canggih lagi, sebab pada gyroscpe tidak dipengaruhi oleh grafitasi. biasanya sensor ini akah bekerja bersama Accelerometer untuk kebutuhkan seprti mentukan arah ponsel, dan lain sebaganya.
Ambient Light Sensor
Sering disebut sebagai sensor cahaya, pada penerapanya pada ponsel, sensor ini digunakan untuk menentukan kecerahan layar agar menyesuaikan secara otomatis terhadap cahaya disekitarnya. misalnya ketika kalian berada diluar rungan pada siang hari, laya otomatis akan menjadi lebih terang agar layar ponsel tetap terlihat.
  • Magnetic
Pada penerapanya, sensor ini digunakan untuk menetukan arah. sebagai contoh jika kalian menggunakan kompas, aplikasi kompas akan berfungsi dengan adanya sensor magnet yang menentukan ara utara dan selatan.
  • Proximity
Salah satu kegunaan sensor adalah untuk menghemat baterai. Cara kerjanya ketika kalian telepon, ponsel akan didekatkan ditelinga dan secara otomatis layar akan mati, hal ini agar ponsel kalian lebih hemat daya dan juga mengurangi ponsel cepat panas.
  • Suhu
Sensor ini digunakan untuk mengukur suhu pada ponsel. tujuanya agar pengguna menyadari suhu ponsel ketika digunakan, bermain game atau lainya. jika ponsel terlalu panas, sensor ini akan memberikan notifikasi kepada pengguna agar segera mengistirahatkan sejenak, agar tidak terjadi overheat pada ponsel.

Pada bebrapa ponsel android memang tidak delengkapi dengan semua sensor tersbut, jika kalian ingin mengetahi sensor yang ada ponsel, kalian bisa mengunakan aplikasi sensor box yang bisa kalian download di plyastore.


Posting Komentar

Posting Komentar