NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Mudah Cek HP Ilegal atau Resmi

Smartphone dari berbagai merek, hampir setiap bulan keluar seri terbarunya, tentu ada yang menyesal ada juga yang senang, ya menyesal karena baru membeli ponsel sudah keluar lagi seri terbarunya lagi. tentu da yang merasa seperti itu.
Memiliki ponsel baru tentu sangat di idamkan banyak orang, entah karena kebutuhan atau sekedar ingi tetap update saja mengikuti tren.
Namun perlu di ingat jagan sampain hanya karena iming -iming ponsel baru dengan harga murah, kalian mengabaikan legalitas ponsel tersebut. Sudah bukan rahasia umum lagi tentang wacana pemblokiran ponsel yang ilegal oleh pemerintah. Oleh sebab itu peru kehati-hatian dalam membeli ponsel.
Untuk antisipasi salah membeli posel, perlu diperhatikan tips berikut agar tidak salah beli ponsel BM, yang beresiko diblokir. Langsung saja berikut beberapa cara untuk cek legalitas ponsel :

Cek kemasan atau kardus ponsel

Setiap ponsel dibeli pasti ada kardus dan segala kelengkapanya, nah jika kalian membeli posel batu ataupun bekas, usahakan masih ada kardusnya. pada kardus itu kalian bisa cek no IMEI, dan juga keterangan produksi. Jika ponsel tersebut diproduksi atau dirakit di indonesia, bisa dipastikan ponsel tersbut Resmi

Cek IMEI

cek imei
Seperti artikel yang lalu, IMEI merupakan kombinasi angka yang unik yang merupakan identitas ponsel.
IMEI pada ponsel bisa kita cek dengan cara menekan kode *#06# pada ponsel atau cek pada kardus ponsel. untuk mengetahui ponsel resmi atau tidak, kita bisa mengunjungi situs Kemenparin www.kemenperin.go.id/imei , dan masukan no IMEI ponsel. dari tersebut, kita bisa mengetahui legalitas ponsel.

Pastikan Distributor Ponsel

Untuk ponsel yang tidak prodduksi di indonesia, ponsel tersbut di impor langsung oleh distributor, tentu kita harus mengetahui siapa distibutor resminya, sebab distributorlah yang bertanggung jawab akan legalitas ponsel. Selain itu pihak distributor pasti kan menjamin garansi semua ponselnya.

Garansi Ponsel

Gransi ponsel juga bisa dijadikan tolak ukur legalitas ponsel, sebab ponsel ilegal pasti tidak ada yang mau memberikan garansi. karena hal inilah kenapa ponsel resmi cenderung lebih mahal.

Beli Ponsel di Gerai resmi

Jika ingin membeli posel baru, sebaiknya kalian mengunjungi gerai resminya, sebab ini lebih aman dibanding kalian membeli disebarang tempat atau sembarang orang.

Demikian tips untuk menghindari ponsel ilegal. semoga bermanfaat. terima kasih


Posting Komentar

Posting Komentar