NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Kenapa SSD Lebih Unggul Dibanding Hardisk ? Simak Penjelasanya

SSD atau Solid State Drive, merupakan salah satu komponen dari komputer yang berguna sebagai alat penyimpanan data. SSD sendiri merupakan satu dari beberapa jenis perangkat yang fungsinya sebagai alat penyimpanan data, namun ssd berbeda dengan hardisk yang sudah umum kita gunakan pada komputer. SSD berbentuk flash drive tidak seperti hardisk yang didalamnya berupa piringan magnetik.
Dalam praktiknya SSD digunakan sebgai tempat kita menaruh Sistem Operasi komputer bukan untuk menyimpan data seperti foto, video atau file yang tidak berhubungan dengan sistem. Sedangan pada hardisk umumya file sistem dan file non sistem berada pada satu komponen saja.
SSD digunakan pada komputer berguna untuk menambah performa komputer, sebab dengan SSD sendiri memang lebih unggul dibanding hardisk dalam kecepatan mengolah data.

Apa saja Kelebihan SSD ?

Performa
Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa SSD memang sangat unggul performanya dalam akses data read and write. Karena performanya ini SSD memang sangat bagus digunakan untuk penyimpanan Sistem operasi komputer atau bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan khusus install sistem oprrasi kopmuter.

Hemat Energi
Berbeda dari Hardisk yang beroprasi dengan piringan magnetik yang berputas ketika digunakan, pada SSD cara kerjanya tidak mengggunakan piringan magnetik, tidak ada gerakan pada SSD. oleh sebab itu penggunaan energi pun tidak sebanyak Hardisk biasa.

Minim Resiko Kerusakan
Resiko kerusakan pada SSD memang sangat minim jika dilihat dari bentuk fisiknya yang ringan dan tidak ada komponen yang sensitif seperti piringan magnetik, jadi resiko hampir semua penyebab kerusakan pada hardisk tidak berlaku untuk SSD.

Apa saja Kekurangan dari SSD ?

Harga Tegolong Mahal
SSD masih tergolong teknologi penyimpanan yang masih baru dan juga dengan sederet kelebihanya membuat harga dari SSD masih sangat Mahal dibanding dengaan Hardisk biasa.

Kapasitas
Dari segi kapasitas , SSD masih sangat tertinggal dibanding Hardisk biasa, wajar saja karena tekonologi ini masih baru, tapi bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan kapasitas SSD akan menyaingi Hardisk.

Demikian kelebihan dan kekurangan SSD, Semoga dapat menambah wawasan tentang komponen komputer.
terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar