NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Komputer Terasa Berat dan Sering Macet? Gunakan Cara Berikut Ini

Komputer pada dasarnya sudah dilengkapi dengan sistem yang sangat diperhitungkan, dapat sistem dapat dengan otomatis menyesuaikan antara software dan hardware, jika hardware tidak cocok tentunha software tidak akan bisa dipasang pada komputer tersebut. begitupun sebuah software ketika dipasang pada sebuah perangkat, software membentuk sistemnya sediri, beradaptasi dengan komputer agar program aplikasi berjalan sesuai yang diharapkan.  
Sekarang ini para pengembang aplikasi gencar meningkatkan peforma aplikasinya dengan tujuan aplikasi diminati para user dengan menambah banyak fitur dan bermacam fungai lainya. namun disisi lain dengan banyaknya pembaruan aplikasi, perangkat komputer lama kelamanan tidak mampu menjaga peformanya. 
Komputer akan terasa berat ketika pertama kali dinyalakan, disebabkan secara otomatis aplikasi membuat sistem agar aplikasi ikut berjalan bersamaan komputer menyala, hal itu berdampak kerja komputer berat dan efeknya loding komputer akan lama.
Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya managemen aplikasi yang baik dengan cara :
1. Gunakan Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Jangan asal mencoba aplikasi yang belum tentu gunanya, sebaiknya gunakan aplikasi Sesuai kebutuhan, misal jika anda pekerja kantoran, cukup instal aplikasi kantor, dan aplikasi huburan seperti media player baik video dan musik.
2. Jangan Berlebihan Menggunakan Anti Virus
Tentu anda sangat peduli dengan komputer agar terhindar dari virus, namun tidak perlu berlebihan hingga memasang banyak anti virus. Jika itu dilakukan, yang ada komputer yang akan jadi berat atau lemot.
Sebaiknya gunakan 1 Antivirus atau maksimal 2 jika sangat dibutuhkan.
3. Hilangkan Startup Program Selain dari Windows
Hal ini akan sangat terlihat ketika komputer pertama kali dinyakakan. Dengan menghilangkan semua startup ,loading komputer akan semakin cepat. begini langkah-langkahnya :
  • 1.Tekan tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketikan msconfig dan tekan Enter.
  • 2.Pada layar aktif , pilih tab startup dan disable semua kecuali aplikasi dari windows. 
 4. Tambah Kapasitas RAM
Jika cara sebelumnya dirasa masih kurang efektif, coba ganti tambah kapasitas RAM nya. Kapasitar RAM semakin besar tentu akan menambah performa komputer, sepeti ketika dinyalakan atau menggunakan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.

Demikian artikel kali ini, soga bermanfaat. 
terimakasih

Posting Komentar

Posting Komentar