NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Optimalkan Performa Disk Komputer Dengan Cara Defrag

Defrag , Pasti akan terdengar asing bagi Sebagian orang, padahal defrag adalah metode yang ampuh untuk meningkatkan kinerja komputer windows agar mempunyai kinerja yang cepat dan responsif, sebab dengan defrag disk nantinya akan memudahkan sistem dalam mengakses data serta file sistem. Defrag sendiri berfungsi untuk menata dan mengoptimalkan ruang disk dan sebagai metode perawatan disk agar lebih awet.
Salah satu penyebab kinerja komputer menjadi berkurang disebabkan karena kualitas disk yang menurun, oleh sebab itu untuk menjaga kinerja komputer, perlu adanya perawatan secara berkala dengan metode defrag ini, agar ruang disk pada komputer lebih optimal dan responsif.

Cara kerja Defrag disk

Secara garis besar cara kerja defrag adalah menata ruang yang ada pada disk, ketika sebuah disk di isi dengan data yang terus menerus serta ada data yang di ambil, nantinya akan timbul celah pada disk yang membuat kinerja disk kurang optimal, dengan adanya defrag, celahcelah tersebut akan ditata sehingga tidak ada celah kosong yang menghabat arus data.

Cara defrag komputer atau laptop Windows.

Tanpa perlu adanya softwae tambahan kita bisa melakukan defrag dengan fitur yang ada pada windows yaitu Disk Defragmenter, fitur ini tersedia pada widows 7,8 ataupun windows 10. Berikut langkah-langkad defrag disk pada windows.

Pertama Buka Widows explorer atau tekan tombol Windows+ E, klik kanan pada salah satu disk, kemudian pilih propertise.
Pada tampilan propertis akan ada beberapa menu tab, pilih tab Tools, kemudian Klik Pda Tombol "Defragment now"

Setelah masuk pada Disk Defragmenter, Akan terlihat disk yang ada dikomputer, pilihlah salah satu dan kemudian tekan tombol Analyze disk.
Tunggu Sampai proses Analyze disk selesai.setelah selesai lalu tekan tombol Defragment Disk, lama proses ini tergantung berapa persen fragmented pada disk. jika proses ini selesai, Fragmented akan kembali menjadi 0%

Lakukan Defrag disk secara berkala, misal seminggu sekali atau sebulan sekali, dengan begitu disk akan lebih tahan lama dan kinerja komputer semakin optomal.
Posting Komentar

Posting Komentar