NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Pengertian dan Fungsi Command Prompt pada Komputer

Command Prompt
Command Prompt atau sering disebut CMD merupakan sebuah software atau aplikasi bawaan sistem operasi windows, CMD berfungsi sebagai tools untuk menjalankan sebuah perintah DOS. Biasanya tools ini digunakan untuk menguji jaringan atau sekedar untuk mengecek ip address komputer.
Sebenarnya command promp ini banyak sekali kegunaanya, namun karena sekarang ini interface windows dan software sudah sangat user friendly maka semakin jarang orang memanfaatkan kegunaan tools ini. Jika kalian belum tahu dimana letak tools Command promp ini, kalian bisa cari cmd dengan cara tekan tombol [Windows+R] kemudian Ketikan cmd lalu tekan Enter pada keyboard.

Berikut ini beberapa fungsi dari Command Prompt:

1. Melihat Status Aktivasi Windows

Dengan cmd ini sangat mudah untuk mengecek status aktivasi windows yang kita gunakan. Caranya, kita bisa gunakan perintah " slmgr/div " atau slmgr -xpr pada command prompt.

2. Melihat IP address Komputer

Untuk melakukan fungsi ini pada cmd, kamu bisa menggunkan perintah " ipconfig lalu tekan Enter pada keyboard. setelah itu kalian akan melihat informasi ip address dan Informasi lain terkait ip pada komputer.

3. Melakukan defrag Hardisk atau menghilangkan bad sector

jika sebelumnya kita gunkan tools lain untuk defrag hardisk, kali ini defrag bisa kita lakukan juga melalui cmd untuk meminimalisir bad sector pada hardisk. caranya cukup mengetikan perintah " chkdsk/r/f d: " kemudian tekan enter,dan secara otomatis cmd akan melakukan tugasna untuk mendefrag hardik kalian. perlu kaalian ketahui pada perintah tadi , " d: " merupakan parisi disk, kamu bisa ganti dengan yang lain sesuai disk pada komputer seperti c: , e: dan lain sebagainya.

4. Memeriksa Kondisi Hardisk

selain bad sector, kalian bisa juga untuk melihat kondisi hardisk kamu apakah masih oke atau terdapat bad sector yang banyak. caranya dengan perintah " wimc diskdrive get status ".

5. Menghentikan Aplikasi Not-Respnding secara paksa.

Ketika ada software yang macet atau not respondung kita bisa gunakan cm dini untuk mematika software macet tersebut secara paksa. Caranya bagaimana? kalian cukup menggunakan perintah taskkill/IM Chrome.exe/f. Perintah tersebut kita gunakan untuk menghentikan paksa google chrome, kalian bisa mengganti chome.exe dengan nama aplikasi lain yang sedang berjalanatau macet pada windows.

Sebenarnya masih banyak lagi perintah yang bisa kita jalankan melalui cmd ini, perintah yang diatas merupakan perintah yang paling sering digunakan melalui command prompt.
Posting Komentar

Posting Komentar