NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Penyebab Bad Sector pada Harddisk dan Solusi untuk Mengatasinya

Bad sector pada hardisk merupakan sebuah indikasi dimana pada bagian terkecil pada hardisk (sector) mengalami eror atau kerusakan. hal ini menyebabkan sistem akan mengamil atau menaruh data pada hardisk. pada kasus bad sector atau kerusakan pada hardik ada dua tipe kerusakah yakni hardisk hard bad sector dan hardisk soft bad sector.
  • Hardisk hard bad sector merupakan kerusakahan hardisk yang terjadi secara fisik, untuk keruskan jenis ini akah sulit dilakukan perbaikan, karena komponen hardisk tergolong rentan ran sulit untuk diperbaiki.
  • Hardisk soft bac sector adalah kerusakan hardisk secara software, unuk jenis kerusakan ini masih dimungkinkan untuk diperbaiki, karena bisa saja karena kesalhan sistem dalam membaca hardisk.
Penyebab Bad Sector pada Harddisk dan Solusi untuk Mengatasinya
Dalam melakukan perawatan komputer hendaknya kita tahu bagai mana harus memperlakukan setiap komponen yang ada dalam komputer. maka dari itu sebagai tambahan pengetahuan dalam menjaga komputer. Dari dua jenis kerusakan hardisk tersebut yang merupakan dua kerusakan dari sisi yang berbeda, maka kita harus tahu penyeabab kesrusakan hardisk apakah hard atau soft. berikut penyabab adanya kerusakan hardisk soft bad sector dan hardisk hard bad sector.

Hardisk soft bad sector

kerusakan tipe ini biasanya disebabkan karena :
  • Komputer sering dimatikan secara paksa
  • karena komputer tekena virus
  • atau kopmuter tidak dimatikan secara benar
  • komputer terlalu panas

Hardisk Hard bad sector

Untuk kerusaka tipe hard disebabkan karena :
  • Umur hardik sudah terlalu lama
  • hardis sering terjatuh
  • Listrik tidak stabil
Untuk mengtasi bad sector pada hardisk, cara paling mudah adalah rutin melakukan defrag pada hardisk, bagaimana cara melakukanya? kalian bisa cek artikel sebelumnya tentang cara defrag hardisk pada komputer windows. Metode defrag dilakukan agar sistem bekerja untuk memperbaiki celah-celah sector. jika bad sector tidak segera diberi tindakan, hal yang paling sering terjadi adalah adanya Hardisk Failure atau hilangnya data pada hardisk.

Agar  hal tersebut, perlu di perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Menjaga agar komputer tidak mati mendandak atau mematikan komputer secara paksa.
  2. pastikan kondisi suhu pada kpmuter, jangan sampai overheating
  3. lakukan prosedur yang benar ketika mematikan kopmuter
  4. lakukan defrag secara berkala.
Demikan tips untuk menangani bad sector pada hardisk kopmuter, semoga dapat bermanfaat.
Posting Komentar

Posting Komentar