NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Mengatasi Blue Screen pada Komputer Windows 7, 8, 8.1 dan Windows 10

Blue Screen atau Blue Screen Of Death yang biasa di singkat BSOD adalah permasalahan yng sring terjadi pada kopmuter windows. Faktor yang bisa membuat komputer mengalami eror hingga mengalami blue screen, bisa karena hardware, software bisa juga karena kesalhan user atau human eror yang membuat sistem mengalami kerusakan fatal. blue screen ini merupakan peringatan dari sistem operasi windows yang memberitahukan kepada user bahwa kopmuter mengalami masalah serius baik itu dari sistem atau dari hardware. Biasanya pada saat blue screen akan ada banyak text code yng berisi permasalhaan yang terjadi, namun ketika layar komputer mendadak biru hanya ada waktu sedikit dan kemudian komputer akan mati, bahkan kita tidak sempat membaca code itu agar tau apa yang bermasalah.
Mengatasi Blue Screen pada Komputer Windows 7, 8, 8.1 dan 10
Untuk mengatasi blue screen tentu ada banyak cara tergantung dari kerusakan sistem yang terjadi. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi blue screen pada komputer atau laptop.

1. Lakukan Restart Komputer

Cara pertama ini bisa kamu lakukan , jika masalah tidak serius biasanya kopmuter setelah direstart akan kembali normal. Blue screen yang sempat terjadi bisa karena sistem crash dan bisa kembali normal ketika komputer di restart.
Namun kamu perlu evaluasi jika sebelumnya mengintal softeware, bisa saja softwae tersebut yang mengakibatkan sistem crash atau eror. Jadi kamu perlu hati- hati dalam menginstal software.

2. Masuk Save Mode

Jika setelah komputer mengalami blue screen kamu tidak bisa masuk ke windows, kamu bisa menggunakan metode ini, caranya matikan komputer dan kemudian nyalakan kembali besama dengan itu kamu perlu menekan tombol F8 pada keyboard, selanjuntya akan ada beberapa opsi, pilihlah Save Mode. selanjutnya kamu akan masuk windows dengan save mode, tentu tamipilan windows dengan save mode ini akan sangat berbeda.
Dengan save mode ini kamu bisa lakukan beberpa opsi untuk mengatasi blue sceen;
  • Scan Komputer
Scan komputer dalam keadaan save mode ini bisa kamu lakukan, bisa saja blue screen terjadi karena adanya virus pada komputer. melakukan scaning dalam keadaan ini sangat efektif untuk menghilangkan virus, biasanya dalam mode ini virus tidak akan berjalan sehingga dapat dengan mudah untuk dibasmi dengan anti virus.
  • Menghapus Software atau Software
ketika komputer tidak bisa dinyalakan dalam keadaan normal, kamu bisa copot program atau software yang menjadi penyebab terjadinya blue screen.
  • Sistem restore
Masuk Control Panel, kemudian pilih System & Security, lalu pilih Acion center selanjutnya pilih menu recovery dan pilih open system restore selanutnya lakukan sesuai dengan instruksi yang ada pada layar. Setelah proses selesai restart komputer.

3. Updare Driver Komputer

Driver pada komputer merupakan hal yang sensitif, maka dari itu kamu kamu perluhati hati dlam menginstal driver, jagan sembarangan update driver jika tidak sesuai dengan hardware, yang terjadi adalah blue screen. jika sudah terlanjur, kamu bisa instal kembali driver yang sesuai dengan komputer kamu. biasanya driver VGA yang banyak menimbulkan masalah Blue Screen. jadi cobalah dengan update driver vga lebih dulu. setelah itu coba restart komputer.

4. Perikas Hardware

Kerusakan pada hardware ini termasuk salah satu penyebab blue screen, jika semua cara diatas belum berhasil, coba periksa hardware pada kopmuter, terutama pada Hardisk dan RAM.

5. Instal Ulang Windows

cara terakhir adalah dengan Instal ulang OS windows, dengan cara ini sistem komputer akan diganti dengan yang baru, jadi semua program pada kopmuter akan hilang. jadi jangan lupa backup semua data penting yang ada di drive C.
( Baca juga : Resiko Jika Sering Install Ulang Windows )
Posting Komentar

Posting Komentar