NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

5 Hal Penting Sebelum Membeli SSD, Jangan Sampai Menyesal !

Apa itu SSD?

Solid State Drive atau SSD merupakan perangkat penyimpanan dari rangkaian sirkuit yang terintegrasi yang berfungsi untuk menyimpan data secara terus menerus. SSD ini merupakan perangkat penyimpanan seperti hard disk namun kinerjannya lebih baik dan cenderung lebih awet karena materialnya tidak seperti hard disk yang terdiri dari komponen mekanik yang bergerak dan rawan rusak. Baca juga Keunggulan SSD dibanding Hardisk !.

5 Hal Penting Sebelum Membeli SSD

Karena kelebihan dari SSD itulah banyak para pengguna komputer berbondong-bondong untuk menggunakannya sebagai media penyimpanan, hal ini cukup menarik karena dengan mengganti dengan Solid State Drive dapat meningkatkan kinerja komputer, namun ada beberapa hal penting yang harus kamu tahu sebelum membeli SSD, agar tidak ada penyesalan setelah membelinya.

Beberapa Hal penting yang wajib kamu pertimbangkan sebelum membeli SSD !

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hampir sama seperti tips dalam merakit komputer, menyesuaikan dengan  kebutuhan adalah hal pertama yang perlu kamu perhatikan. SSD sendiri ada beberapa varian form factor yaitu SATA, Msata, M2, M2 NVMe dan PCIE, nah oleh sebab itu sebelum kamu membeli SSD kamu harus menentukan form factor yang sesuai dengan komputer atau laptop yang kamu miliki.

2. Kecepatan Read & Write

Memang benar ssd terkenal dengan kecepatanya, tapi tentu banyak SSD dengan berbagai merek dengan spesifikasi yang berbeda, misalnya form factor SATA memiliki kecepatan Read Write kurang lebih 500MB/s sedangkan M.2 M.2 NVMe memiliki kecepatan read write lima kali lebih cepat dibandingkan dengan SSD SATA.

3. Teknologi

Teknologi tentu sangat bepengaruh terhadap kualitas dan performa dari SSD. SSD sendiri memiliki beberapa teknologi yang berbeda seperti SLC (single level channel) dan MLC (multi level channel) dimana teknologo SLC lebih unggul dari sisi kecepatan dan umur yang lebih panjang.

4. Budget

nah budget ini memiliki keterkaitan terhadap kebutuhan, Setelah kamu menentukan kebutuhan kamu harus menyiapkan budget yang sesuai. misal kamu bekerja sebagai editor video tentu kamu membutuhkan kapasitas SSD yang besar. Konsep ini bertujuan agar dalam membeli SSD sesuai dengan kebutuhan, dan kamu bisa menyiapkan budget jauh-jauh hari.

5. Kapasitas SSD

Hal ini perlu kamu pertimbangkan, agar tidak asal-asalan dalam membeli SSD. SSD merupakan perangkat yang awet dan di peruntukan untuk jangka panjang. Sebaiknya jika kamu akan membeli SSD, belilah SSD dengan kapasitas yang besar, namun sesuaikan juga dengan kebutuhan agar kapasitasnya tidak sia-sia.

Akhir kata

Demikian beberapa hal penting yang perlu kamu pertimbangkan ketika ingin membeli SSD untuk komputer atau laptop.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Refrensi : id.wikipedia.org

Posting Komentar

Posting Komentar