NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Fitur dan Trik Tersembunyi pada Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

Mungkin sebagian dari kalian masih baru menggunakan windows 10 dan  belum tau beberapa fitur yang ada pada windows 10. 

Fitur dan Trik Tersembunyi pada Windows 10 yang Wajib Kamu Ketahui

Berikut ini teknobuz akan berbagi beberapa fitur ,atau trik menarik yang tersembunyi di Windows 10 dan belum banyak pengguna windows 10 mengetahuinya.

Menampilkan emoji

Pada windows 10 ini, kamu bisa menggunakan berbagai macam emoji seperti pada ponsel yang sering kamu gunakan selama ini. 

Untuk menggunakan emoji pada setiap text, kamu bisa memanfaatkan tombol shortcut, cara ini tergolong paling mudah dibanding dengan harus menampilkan virtual keyboard pada windows.

Emoji pada Windows 10
Emoji pada Windows 10

Misalnya kamu ingin menyisipkan emoji pada kolom komentar, kamu cukup meletakan kursor di posisi dimana kamu ingin menambahkan emoji. kemudian tekan tombol [windows] dan tombol titik[.] pada keyboard kemudian akan muncul window emoji berisi berbagai macam emoji siap kamu gunakan.

Split Screen

Sebenarnya fitur ini sudah ada sejak windows 8 dan windows 8.1, fitur ini tergolong penting untuk mempermudah dalam meng akses beberapa aplikasi yang sedang digunakan. namun fitur ini tergolong jarang digunakan oleh sebagian pengguna komputer.

Split Screen
Split Screen

Cara mudah untuk split screen atau menampiklan dua aplikasi secara bersamaan yaitu kamu cukup klik salah satu aplikasi kemudian tarik ke sebelah kiri layar komputer, kemudian kamu bisa tarik satu aplikasi lagi ke sebelah kanan. Jika kamu berhasil menggunkan fitur split screen ini, kamu bisa mengatur lebar layar sesuai keinginan kamu. cukup geser window yang membatasi kedua aplikasi tersebut.

Merubah tampilan Command Prompt

Kamu pasti tidak asing lagi dengan Command Prompt, ya salah satu aplikasi bawaan windows yang identik dengan warna hitam dan putih. 

Pada Windows 10, kamu bisa memodifikasi tampilan command promt sesuka hati, baik itu merubah warna background ataupun text, kamu juga bisa mengatur transparansi dari background itu sendiri.

Merubah tampilan Command Prompt
Merubah tampilan Command Prompt

Caranya tinggal buka saja Command Prompt , klik kanan Title Bar , Properties , Color , dan pada tab color ini kamu bisa merubah warna text dan background sesuai dengan keinginan kamu. cukup mudah bukan?

Slide to Shut down

Fitur ini seperti yang ada pada windows phone atau windows mobile. yaitu kamu bisa mematikan perangkat dengan cara slide ke bawah.

Meskipun fitur ini merupakan bawaan windows,  tapi pada windows 10 ,fitur ini disembuyikan, jadi perlu ada trik khusus untuk menggunakan fitur ini.

untuk menggunakan fitur slide to shut down, kamu perlu membuat shortcut pada desktop. caranya mudah, pertama klik kanan pada desktop, New, dan klik shortcut. akan muncul windows seperti gambar berikut ini 

Slide to shut down
Slide to Shut Down
kemudian isikan text berikut : 

%windir%\System32\SlideToShutDown.exe

lalu klik tombol next . Untuk menggunakanya kamu cukup klik dua kali pada shortcut yang tadi kamu buat.

Full Screen pada Menu Start Windows

Kamu sebelumya penguna windows 8 atau 8.1 kamu pasti paham dengan menu strat menunya yang  tampulanya full screen. nah, agar tampilan start menu windows 10 seperti pada windows 8 atau 8.1, kamu bisa merubahnya dengan cara  tekan tombol [windows] pada keyboard, kemudikan ketikan Full Screen, lalu pilih Use start full Screen, akan muncul window setting dan kamu bisa aktifkan Use full Screen seperti pada gambar dibawah ini.

Use start full Screen
Use start full Screen

Setelah itu, kamu bisa coba tekan tombol start atau menekan tombol windows dan tampilanya sudah berubah .

Start Menu “Kedua”

Pada start menu windows 10, sekilas tidak terlihat ada beberapa menu penting yang tidak ada, yang sebelumnya pada os windows sebelumnya, seperti opsi shortcut ke berbagai setting dan tool yang penting.

Tapi, sebenarnya menu menu yang hilang itu cuma dipindahkan sebagai kategori khusus agar tidak bercampur dengan menu - menu aplikasi yang terinstal pada komputer.

Start menu kedua
Start menu kedua

Untuk meng-akses menu-menu tersebut, kamu cukup klik kanan pada icon windows yang ada pada kiri layar komputer, maka akan muncul munu - menu yang bisa kamu gunakan untuk mengakses sistem atau settingan windows.

 Fokus Window

Biasanya ketika kamu sudah membuka banyak window atau aplikasi secara bersamaan pada komputer, kamu akan merasa tidak nyaman dengan tampilan windows yang begitu banyak. dan pada akhirnya kamu akan meminimize satu persatu aplikasi tersebut.

Salah satu fitur menarik dan cukup keren pada windows 10 ini, kamu tidak perlu repot lagi meminimize satu persatu aplikasi, dan fokus ke satu aplikasi yang ingin kamu gunakan.

Caranya, kamu klik salah satu aplikasi yang ingin kamu gunakan, kemudian goyang kan windows aplikasi tersebut, makan aplikasi lain akan otomatis terminimize, untuk memunculkan aplikasi lainnya kembali, kamu cukup lakukan cara yang sama, dan aplikasi akan muncul lagi.

God Mode! 

God Mode ini hanyalah sebutan bagi shortcut untuk mengakses semua opsi pengaturan Windows dalam satu folder. nama sebenarnya fitur ini adalah  Windows Master Control Panel Shortcut.

God Mode
God Mode

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu cukup membuat folder baru pada desktop. kemudian rename folder tersebut dengan text dibawah ini.

GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C}

Klik dua kali folder tersebut dan akan muncul folder dengan berbagi macam pintasan yang berfungsi untuk mengatur sistem windows.

Sekian , beberapa fitur tersembunyi yang ada pada windows 10, jika masih ada fitur menarik lainya, kamu bisa tambahkan di kolom komentar.

untuk lebih jelasnya mengenai fitur windows 10 ini, kamu bisa tonton video dibawah.

Posting Komentar

Posting Komentar