NoBHgJFZwIqd6QOO1qfeTJLLfy1rFQ6bXvqrTEEc
Bookmark

Cara Mudah Memperbaiki Kartu SD Tidak Terbaca pada Smartphone Android

Secure Digital atau sering di sebut dengan kartu sd atau sd card merupakan salah satu media penyimpanan yang umumnya digunakan di perangkat prtable seperti ponsel atau kamera. pada perkembanganya kartu SD ini mempunyai dua variasi yang kerap di kenal dengan nama MiniSD dan MicroSD.

Kartu SD ini merupakan media penyimpanan yang tergolong awet, namun tentu saja bukan berarti tidak pernah mengalami kerusakan. Sering para pengguna smartphone mengalami kartu SD tidak terbaca secara tiba-tiba, hal ini tentu sangat merugikan bila didalam kartu sd tersebut tersimpan data-data penting yang belum kamu backup sebelumnya.

Kartu SD Tidak Terbaca pada Smartphone Android

Jika kamu mengalami permasalahan kartu SD yang tidak terbaca atau rusak, kamu bisa coba beberapa tips mudah berikut ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara mudah untuk Memperbaiki Kartu SD tidak terbaca 

1. Bersihkan Kartu SD 

Langkah pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah membersihkan konektor dari kartu SD tersebut. Caranya sangat mudah, pertama keluarkan lebih dulu kartu SD dari smartpone atau kamera. Selanjutnya kamu bersihkan konektor nya, yaitu bagian lempengan tembaga atau kuningan. Kamu bisa menggunakan penghapus untuk membersihkanya, besihkan secara perlahan hingga dirasa sudah cukup bersih. Jika sudah, kamu bisa pasang kembali kartu SD ke smartphone atau kamera dan coba periksa kembali kartu SD sudah terbaca atau belum.

2. Pasang Kartu SD pada Smartphone atau perangkat lain

Cara ini bisa kamu lakukan untuk memastikan apakah kerusakan terjadi pada Kartu SD atau pada ponsel kamu.

Jika kamu hanya memiliki satu ponel saja, kamu bisa coba perangkat elektronik lain yang bisa kamu gunakan untuk cek apakah kartu SD bisa terbaca di perangkat lain atau tidak, jika pada perangkat lain tetap tidak terbaca, kamu bisa lanjutkan metode lain untuk memperbaiki kartu SD yang tidak bisa terbaca tersebut.

3. Cek Karu SD dengan Komputer atau laptop

Cara berikut ini sangat di anjurkan untuk memastikan kartu SD masih bisa diperbaiki atau tidak.

Caranya ini bisa juga kamu lakukan untuk mengatasi kartu SD yang tidak bisa diformat. langkah-langkahnya sebagai berikut :

pastikan kartu sd masih terpasang pada smarthpone, lalu hubungkan ponsel dengan komputer menggunakan kabel data

selanjutnya, pada smartphone, ubah mode MTP menjadi MSC. tujuanya agar kartu SD terdeteksi pada komputer.

menuju ke layar komputer, buka explore [windows+E] kemudian pada katu sd ponsel yang terdeteksi klik kanan > Properties > Tools > kemudian pilih Error Checking dan tunggu sampai proses selesai.

jika proses sudah selesai, kamu bisa Eject dan coba kamu periksa kembali pada ponsel apakah kartu SD sudah normal atau belum.

4. Format kartu SD Melalui komputer PC atau laptop

jika Kartu SD yang tidak terbaca pada smartphone tentu kamu tida bisa memformat melalui  ponsel, tapi pada umumnya meskipun tidak terbaca pada smartphone, kartu SD masih bisa terdeteksi jika kamu hubungkan dengan komputer menggunakan card reader atau sejenisnya.

Caranya cukup sederhana yang penting kamu mempunyai card reader atau sejenisnya untuk menghubungkan kartu SD dengan komputer, jika kartu SD sudah terhubung, pastikan kartu SD terdeteksi pada explorer windows. Pada explorer ini kamu klik kanan kartu SD > pilih format > hilangkan centang quick format > klik tombol start > tunggu sampai proses selesai.

Akhir Kata

Demikian Cara mudah mengatsi kartu SD pada smartphone atau kamera mengalami kerusakan atau tidak terbaca, semoga bermanfaat 🙏

Posting Komentar

Posting Komentar